Cari Cuan Cuma Modal HP dan Layanan Data, Caranya?

Indonesia – Di era internet seperti ini, kita dituntut untuk kreatif didalam melacak rejeki. Menariknya, cuma bersama menggunakan hanya modal smartphone dan pelayanan information ternyata kita bisa mendapatkan rupiah lho.

Setelah ditelusuri, ternyata peran internet service provider dalam mendorong industri kreatif sangat krusial. Selama dua th. terakhir pandemi, ruang gerak penduduk jadi terbatas.

Pandemi Covid-19 telah merubah segalanya. Para Pengangguran meningkat, perusahaan gulung tikar, ekonomi merosot. Bahkan ada momentum di mana kita cuma bekerja dan lakukan aktivitas berasal dari tempat tinggal.

Dan ternyata cukup bersama dengan mengandalkan layanan yang biasa kita gunakan tiap-tiap hari, kita bisa mendapatkan rejeki. Salah satunya bersama dengan manfaatkan peran smartphone dan layanan data operator.

Jual Karpet Hanya Dengan Modal HP dan Layanan Data

Yayan Mulyana, dari Subang, Jawa Barat, adalah seorang pedagang karpet online yang membuka usaha barunya melalui internet. Hanya bersama dengan layanan information dan smartphone, dia dapat mendapatkan cukup banyak duwit.

Ia sukses membuka peluang untuk memakai smartphone dan layanan data Smartfren. Peran internet dan sarana ‘medium’ ini tidak disangka menjadi berkah.

Yayan awalnya coba ide menjual karpet secara online bersama dengan modal minim lewat e-commerce. Menjadi reseller pedagang karpet yang terlalu besar. Saya tidak harapkan untuk menjualnya bersama dengan baik. Sedikit demi sedikit para pelanggan bakal bertambah.

Dengan memakai paket information unlimited Smartfren, ia tidak perlu khawatir dengan akses internet tiap-tiap hari. Biaya yang dikeluarkan juga tentunya tidak besar.

Selanjutnya, cuma dari smartphone, ia memulai pemasaran gerilya di web jejaring sosial. Ia mendatangi grup Facebook berkenaan jual beli karpet dan menggunakannya sebagai tempat untuk memburu para pembeli. Juga menjual lewat status Whatsapp.

Bahkan saat berjualan menggunakan Facebook, pengguna yang membutuhkan paket knowledge dapat beli pelayanan data bersama mengklik kotak “beli data” di pojok kanan aplikasi Facebook.

Bukan hanya pembelian paket data bersama dengan pulsa, Smartfren kini telah mengaktifkan empat dompet digital terkemuka (Gopay, Dana, OVO, Shoppe) sebagai opsi pembayaran pembelian paket information melalui Facebook Mobile Center.

Dengan pilihan dompet digital, Smartfren berikan kemudahan dan keleluasaan didalam pembayaran paket data oleh pelanggan. Kemudahan yang ditawarkan Smartfren sebenarnya itu terlalu mendukung pengusaha layaknya Yayan untuk lebih fleksibel. Waktu juga bisa digunakan secara efisien.

Dengan lebih banyak kesempatan dan waktu luang, Yayan lantas bikin website gratis sebagai landing page atau toko online miliknya. Setelah itu, ia studi sedikit tentang modal usaha online dan pemasaran digital dari ‘Grandfather Google’ dan Youtube.

Dalam waktu yang terlalu singkat, dengan menggunakan kualitas dan jangkauan internet cepat Smartfren, Yayan menguasai kiat bisnis online dan metode pemasaran karpet.

Setelah mempunyai modal yang cukup, ia mulai mengiklankan kios dan produknya di Google, Facebook dan Instagram. Penjualan meningkat.
Tak acuhkan ia tinggal di daerah tersebut, ternyata operator jaringan seperti Smartfren konsisten berikan kualitas yang setara bersama dengan kota-kota besar. Bukan cuma pasar lokal, Yayan sukses meningkatkan penjualan karpetnya di dalam skala ‘provinsi’.

Secara nasional, peningkatan kualitas dan jangkauan jaringan Smartfren telah meraih 18% cukup untuk menangani lonjakan trafik internet yang diperkirakan mencapai 14-20%.

Smartfren secara konsisten tingkatkan kualitas dan jangkauan jaringan di semua lokasi operasionalnya Artinya, meski toko online Yayan berada di tempat terpencil, ia bisa menata dan mendistribusikan karpetnya ke bermacam daerah. Sekali lagi, cukup memakai smartphone dan layanan information.

Dari awalnya hanya reseller, kini Yayan dapat membangun gudang penyimpanan karpet sendiri. Walaupun tetap kecil namun setidaknya dia bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Di sisi lain, ia kini bisa menjalankan usaha karpet online dan offline sekaligus.